Jumat, 15 Maret 2013

Belajar Gitar Secara Autodidak. kenapa tidak?

     Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling banyak digemari. Namun banyak orang yang menyenangi gitar tapi tidak paham bagaimana cara memainkannya. Disini saya menulis bukan bermaksud sebagai guru atau pun orang yang mahir.TIDAK !!. Disini saya akan berbagi pengalaman saya belajar gitar secara autodidak. Pertama tentu anda harus memiliki gitar itu sendiri, hal ini bertujuan agar anda bisa latihan lebih sering. Kedua jangan pernah menyerah saat mencoba, pada saat saya dulu baru memegang gitar semua terasa asing dan kaku. Bukan hanya itu pada saat saya mencoba sebuah lagu bunyi gitar itu sendiri tidak sesuai dengan yang saya inginkan. Kemudian saya mencoba mengkoreksi apa kesalahan saya?. ketiga anda harus sering berlatih, dalam bermain gitar anda perlu banyak berlatih beberapa hal, yaitu:
1. Chord /kunci gitar: anda harus berlatih menghafal beberapa chord
2. Menghilangkan kekakuan jari anda: masalah orang yang pertama kali bermain gitar adalah ke kakuan  jarinya, hal ini sangat menggangu. tapi ingat jangan menyerah
3. Kekuatan Jari: untuk menekan senar-senar pada gitar jari kita perlu di latih agar kuat menekan senar gitar tersebut dalam waktu yang lama. Awal-awal memang ujung jari anda agak sakit untuk memainkan 1 buah lagu.
4. Gejrengan/kocokan: Hal ini butuh konsentrasi yang cukup tinggi. karena butuh kordinasi antara tangan kanan dan tangan kiri sebagai penekan kunci. Jangan kaku untuk menggenjreng gitar. Banyak lah berlatih agar gejrengan anda bisa sesuai.
5. Sabar: semua butuh proses.!!! anda harus bersabar untuk mendapatkan kemampuan bermain gitar. tidak cukup 3-5 hari karena ini tidak instan.

     Bagian gitar terdiri dari:
parts of acoustix guitar, bagian-bagian gitar akustik
1. Headstock
2. Nut
3. Tuning head
4. Fret
7. Neck
8. Heel
9. Body Gitar
12. bridge
14. back alias punggung gitar
15. sound board
16. Body slide
17. lubang suara
18. senar
19. sadle.
20. Fret board

     Chord gitar. Saya akan memberikan chord gitar yang mudah, jadi tentu tidak semua chord. tapi pada umum nya saja. INGAT! susunan senar gitar (di hitung dari bawah) 1.e, 2.B, 3.G, 4.D, 5.A,6.E. senar 4,5,6 merupakan senar Bass.. Untuk Gambar-gambar chord dasar anda bisa melihat di http://www.8notes.com/guitar_chord_chart/ .




Tidak ada komentar: